Cloud Hosting Terbaik Indonesia 2018

Daftar Hosting Berbasis Cloud Yang Memiliki Kualitas Terbaik Dan Layak Anda Gunakan

Last Updated:

Kini Anda tidak perlu bingung lagi ketika sedang mencari cloud hosting terbaik dan handal untuk blog atau website yang Anda miliki. Temukan daftar web hosting berbasis cloud terbaik dibawah ini dengan menggunakan data perbandingan dan penjelasan yang lengkap pada masing-masing penyedia layanan hosting di Indonesia.

Table Perbandingan

Rekomendasi Cloud Hosting Terbaik Indonesia 2018
Pos. Layanan Hosting Rating Fitur Hosting Keterangan Harga
1 niagahoster 9.9 Sangat Direkomendasikan
  • Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Bitninja Smart Security
  • Support Cloudflare
Niagahoster selain memiliki kualitas dan keamanan server yang canggih juga support dengan Cloudflare (hosting berbasis cloud). Rp 19.800,- Visit Site Promo
2 dewaweb 9.6 Sangat Bagus
  • Disk Space Limited
  • Bandwidth Unlimited
  • Bitninja Smart Security
  • Support Cloudflare
Buat Anda yang sedang mencari cloud hosting, Dewaweb "CloudFlare Partner" cukup menarik untuk dicoba. Rp 15.000,- Visit Site Promo

Keterangan

* Daftar cloud hosting terbaik diatas terupdate April 2018 ** Harga cloud hosting yang tertera diatas berlaku untuk masa sewa 1 bulan
Tips Penting Buat Para Pemula

Cloud Hosting Dapat Mempemudah dan Memperluas Target Pengunjung Situs Online Anda

Keunggulan dan Kemudahan di Dalamnya

Pendahuluan

Dalam mengelola sebuah website ada banyak faktor pendukung yang perlu diperhatikan agar situs bisa berjalan dengan performa maksimal. Bahkan saat membuat website pun ada banyak hal yang harus diperhatikan. Misal salah satu yang paling penting dalam pengelolaan dan pembuatan website adalah web hosting. Web hosting umumnya dikenal sebagai sebuah tempat penyimpanan data pada website yang berbentuk data, gambar, video bahkan aplikasi. Tempat penyimpanan ini terdiri dari berbagai ukuran mulai dari Megabytes (Mb) hingga Terabyte (Tb). Selain memiliki ruang penyimpanan dengan ukuran yang bervariasi, web hosting juga harus terkoneksi dengan internet. Dengan begitu data yang disimpan di dalam web hosting itu bisa diakses oleh pengguna dimana saja dan kapan saja.

Berbicara tentang web hosting, sejauh ini ada banyak jenis web hosting yang ditawarkan dengan berbagai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Salah satu web hosting yang akhir-akhir ini banyak digunakan adalah Cloud Hosting. Banyak keunggulan yang bisa dinikmati oleh pemilik website dengan menggunakan hosting jenis ini. Lalu apa sebenarnya cloud hosting itu dan keuntungan apa saja yang bisa Anda nikmati sehingga Anda harus menggunakan hosting ini? Berikut ini akan dibahas secara lebih jelas. Disini juga akan dijelaskan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih cloud hosting yang baik.

1. Pengertian Cloud Hosting

Secara umum, cloud hosting bisa didefinisikan sebagai layanan hosting yang menggunakan metode server virtual. Penggunaan layanan hostingnya pun terhubung pada banyak server. Karena server yang digunakan adalah virtual online, maka server itu bisa dimodifikasi maupun dihancurkan sesuai permintaan. Web hosting ini menerapkan konsep rule and divide, dimana sumber daya yang dibutuhkan untuk mengelola website serta membuatnya tetap online disebar kepada lebih dari satu server yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sistem operasi yang digunakan pun khusus yang dioptimasi untuk bisa menyediakan dan membuat hosting yang stabil dan efisien.

Tak hanya itu saja, cloud hosting ini juga menggunakan sebuah teknologi komputing yang bernama cloud computing. Dengan teknologi tersebut pengguna terhubung dengan banyak server fisik. Hal ini juga akan membuat pengguna memiliki resource tidak terbatas dan akan mempermudah server baru yang ingin ditambahkan tanpa perlu mengganggu proses lain yang sedang dijalankan.

2. Fungsi Cloud Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cloud hosting menggunakan teknologi cloud computing di dalamnya. Penggunaan teknologi ini di dalam sistem operasinya bukannya tanpa tujuan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, cloud hosting bisa terhubung dengan banyak server fisik. Dengan begitu konsep kerjanya yang menerapkan rule and divide yang mana membagi sumber dayanya pada beberapa server agar bisa tetap online bisa berjalan dengan baik. Hal tersebut juga berfungsi menyediakan resource tak terbatas pada penggunanya. Dengan begitu sistem kerjanya bisa tetap stabil dan efisien.

3. Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting ini bekerja dengan tugas utama menjadi pengganti server lain saat terjadi gangguan pada server tersebut. Maksudnya, jika sebuah server tidak bisa berfungsi dengan baik, maka server lain yang akan menggantikan tugasnya. Server pengganti ini juga akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh pengguna. Hal tersebut akan sangat berguna ketika satu server tidak bisa berfungsi dengan baik atau mengalami downtime. Dengan menggunakan cloud hosting, maka fungsi dan tugas server tersebut akan digantikan oleh server lain.

Tugas cloud hosting tidak hanya berhenti sampai disitu. Cloud hosting juga bekerja untuk mengurangi kasus overloading yang sering terjadi. Overloading atau yang sering disebut dengan kelebihan beban yang terjadi bisa mengakibatkan kinerja dan kecepatan website menjadi lebih lambat bahkan terus melambat. Dengan menggunakan cloud hosting, kejadian ini bisa diatasi sehingga kecepatan website bisa tetap stabil meskipun beban yang diberikan juga sama besarnya.

4. Mengapa Memilih Cloud Hosting dan Apa Saja Keunggulan Cloud Hosting

Jika ditanya menagapa harus menggunakan cloud hosting, jawabannya tentu beragam. Yang pasti cloud hosting akan sangat mendukung performa website Anda. Apalagi jika digunakan oleh website dengan traffic yang tinggi. Website dengan traffic tinggi sangat membutuhkan web hosting dengan performa yang mumpuni. Jika Anda mencari web hosting dengan performa yang mumpuni dan mampu membantu Anda mengelola website dengan baik, maka tentu saja cloud hosting jawabannya. Apalagi jika ditambah dengan keunggulan yang diberikan cloud hosting, maka akan semakin memperkuat alasan Anda harus menggunakan cloud hosting. Berikut beberapa keunggulan yang diberikan oleh cloud hosting jika Anda menggunakannya.

a. Kemudahan akses

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan cloud hosting adalah kemudahan dalam hal akses. Pengguna bisa mengakses data ataupun aplikasi kapanpun dan dimanapun karena cloud hosting menggunakan teknologi cloud computing yang mudah diakses. Anda tidak perlu menggunakan komputer yang sama untuk mengakses aplikasi atau data yang dibutuhkan karena semuanya bisa dengan mudah diakses dimanapun hanya dengan melalui server.

b. Mengatasi Kapasitas Hardware yang Terbatas

Dengan menggunakan cloud hosting, kebutuhan pengguna akan CPU, Quota Harddisk dan RAM akan terpenuhi. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir dengan ketersediaan ruang penyimpanan perangkat. Apabila kebutuhan data meningkat, maka Anda bisa menambah kapasitasnya dengan mudah sesuai kebutuhan Anda.

c. Ketersediaan data meningkat

Desain high availibility yang dibuat pada cloud hosting menjamin ketersediaan data yang dibutuhkan. Sistem ini dibuat pada data center yang menjamin segala ketersediaan data, termasuk adanya pendingin ruangan, ketersediaan listrik, dan fasilitas pendukung lainnya yang bekerja selama 24 jam nonstop. Tak hanya itu saja, pengguna juga tidak perlu merasa khawatir datanya hilang karena semua data sudah terjamin karena adanya proses backup pada storage systemnya. Dengan begitu ketika terjadi crash pada sistem penyimpanan, data Anda bisa tetap aman.

d. Manajemen server yang lebih mudah

Jika menggunakan cloud hosting, Anda akan diuntungkan dengan manajemen yang terkoneksi dengan web sehingga bisa lebih mudah. Pengguna bisa melihat status global server hanya dengan melihat pada dashboardnya. Ada juga tools otomatis yang disediakan untuk memudahkan Anda mengupgrade, membuat dan memanage server dan juga melakukan instalasi software.

e. Fleksibilitas

Cloud hosting membuat Anda bekerja dengan lebih fleksibel. Anda tidak perlu melakukan pengadaan komputer yang mana terbukti sangat memakan waktu. Anda sebagai pengguna hanya perlu melakukan self-provisioning, dan kapasitas yang Anda butuhkan bisa tersedia dengan segera dan siap digunakan.

f. Efisiensi Biaya

Keuntungan satu ini tentu sangat menggiurkan, apalagi bagi pengguna yang memanfaatkan websitenya untuk kebutuhan bisnis. Dengan menggunakan cloud hosting, semua bisa Anda dapatkan dengan biaya operasional yang tidak terlalu membebani. Pengguna yang menggunakan websitenya untuk kebutuhan bisnis bisa menekan pengeluaran untuk biaya operasional komputer apalagi hardware. Pengguna juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk maintenance dan juga beberapa biaya operasional lainnya.

Nah, itu tadi adalah berbagai keunggulan yang ditawarkan dari penggunaan cloud hosting. Dengan berbagai keunggulan tersebut, tentu saja sangat menguntungkan bagi pengguna jika memilih cloud hosting sebagai web hosting untuk mengelola websitenya. Dengan keunggulan tersebut, masihkah Anda membutuhkan alasan lain untuk menggunakan cloud hosting?

Rekomendasi Lainnya: Daftar Hosting Terbaik di Indonesia hot

5. Bagaimana Cara memilih Cloud Hosting yang Baik

Banyaknya peminat cloud hosting akhirnya juga membuat banyak pula perusahaan web hosting yang menawarkan cloud hosting. Berbagai penawaran mulai dari harga yang lebih murah hingga penawaran-penawaran menarik lainnya pun diberikan. Namun sebagai pengguna, Anda juga harus cermat dalam memilih cloud hosting. Jangan sampai Anda memilih hosting yang justru akan merugikan Anda, baik dari segi materi maupun sistem kerjanya. Untuk itu, dibawah ini ada beberapa tips memilih cloud hosting yang baik untuk Anda.

a. Pastikan layanan support yang diberikan.

Dalam penggunaan cloud hosting, standard layanan support yang disediakan haruslah 24/7. Artinya layanan yang diberikan bersifat 24 jam nonstop. Pastikan juga waktu respon atau respond timenya tidak terlalu lama. Justru akan lebih baik jika time respond yang diberikan juga lebih cepat.

b. Jangan menggunakan produk trial

Banyak pengguna yang terkecoh dengan produk trial yang diberikan penyedia layanan. Produk trial dengan harga yang lebih murah bisa Anda jadikan pilihan untuk melihat-lihat dan membandingkan sistem kerjanya. Namun jika untuk tujuan produksi atau penggunaan untuk sebenarnya, menggunakan produk trial sangat tidak disarankan. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba dengan berlangganan selama 1 bulan terlebih dahulu. Jika semuanya berjalan lancar bisa Anda lanjutkan, jika tidak segeralah minta refund. Jangan takut karena provider dari cloud hosting pasti akan memberikan jaminan uang kembali.

c. Gunakan Sistem Operasi Berbasis Linux

Cloud hosting yang baik seharusnya menggunakan CloudLinux sebagai sistem operasinya. Hal ini karena Anda akan mendapatkan alokasi resource yang bergaransi dari CloudLinux. Penggunaan CloudLinux juga sangat disarankan karena adanya fitur CageFS yang ada di dalamnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk hanya dapat mengakses home directory kepunyaannya saja. Dengan begitu ketika ada website dengan sistem keamanan yang lemah dan bisa dihack, pengguna yang menggunakan CloudLinux tidak akan bisa dihack.

d. Dukungan Free SSL

Dukungan protokol HTTPS sangat penting dalam pengelolaan website. Oleh karena itu pastikan cloud hosting yang Anda gunakan juga mendukung Let’s encrypt agar website yang Anda gunakan juga didukung dengan sistem proteksi berbasis protocol HTTPS.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, Anda bisa memilih cloud hosting terbaik untuk website yang Anda kelola. Tips memilih cloud hosting terbaik itu juga bisa berlaku untuk menghindarkan Anda dari memilih hosting yang tidak jelas kualitasnya. Hal ini karena semakin maraknya penggunaan cloud hosting untuk web hosting, maka semakin banyak pula pihak yang ingin memanfaatkan peluang tersebut. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya. Maka dari itu, memilih cloud hosting terbaik adalah satu-satunya cara.

Demikian tadi segala pembahasan berkaitan dengan cloud hosting. Semua hal mulai dari pengertian, fungsi, keunggulan dan cara mendapatkan cloud hosting terbaik sudah dijelaskan di atas. Cloud hosting sebagai salah satu web hosting favorit pemilik website memang memiliki daya tarik tersediri yang tak bisa ditolak. Jika Anda belum mengenal web hosting satu ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk mengenal cloud hosting.