Web Hosting Terbaik Indonesia 2018

Daftar Web Hosting Yang Memiliki Kualitas Terbaik Dan Layak Anda Gunakan

Last Updated:

Pada halaman ini Anda akan menemukan beberapa daftar shared hosting yang memiliki kualitas terbaik dan layak Anda gunakan untuk kebutuhan situs online Anda. Perlu diketahui bahwasanya hosting yang bakal Anda pilih dan gunakan bakal menentukan kualitas (baik/buruk) bagi situs online Anda. Oleh karena itu pemilihan web hosting dianggap penting sebagai pondasi dasar situs online Anda.

Shared hosting berdasarkan tingkatannya merupakan jenis hosting yang paling dasar dan tentunya yang paling hemat. Jenis hosting ini sangatlah cocok untuk type blog baru atau yang memiliki tingkatan visitor/pengunjung (low to semi medium). Tidak sedikit, pihak penyedia layanan hosting akan memberikan estimasi jumlah maksimal pengunjung (pada setiap paket hosting) yang dapat mengakses situs Anda.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi ketika sedang mencari web hosting terbaik dan handal untuk blog atau website yang Anda miliki. Temukan daftar hosting terbaik dibawah ini dengan menggunakan data perbandingan dan penjelasan yang lengkap pada masing-masing penyedia layanan hosting di Indonesia.

Table Perbandingan

7 Web Hosting Terbaik Indonesia 2018
Pos. Layanan Hosting Rating Fitur Hosting Keterangan Harga
1 niagahoster 9.9 Sangat Direkomendasikan
  • Disk Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Uptime 99,9%
Niagahoster memiliki kualitas dan keamanan server yang canggih dengan harga yang kompetitif. Rp 19.800,- Visit Site Promo
2 ardetamedia 9.8 Sangat Direkomendasikan
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Uptime 99,9%
Dengan menggunakan SSD (Solid State Drive) membuat blog atau website Anda menjadi 3 kali lebih cepat untuk diakses. Rp 25.000,- Visit Site Promo
3 jogjahost 9.4 Sangat Bagus
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Uptime 99,9%
Selain menggunakan SSD, hosting satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha atau bisnis. Rp 18.000,- Visit Site Promo
4 dewaweb 9.3 Sangat Bagus
  • Disk Space Limited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Cloud Server
Buat Anda yang sedang mencari cloud hosting, Dewaweb "CloudFlare Partner" cukup menarik untuk dicoba. Rp 15.000,- Visit Site Promo
5 rumahweb 9.1 Cukup Bagus
  • Disk Space Limited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Uptime 99%
Merupakan alternatif penyedia layanan hosting berbasis Cloud, tinggal pilih antara DewaWeb ataukah RumahWeb. Rp 20.000,- Visit Site Promo
6 nusantarahost 8.9 Bagus
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Uptime 99,9%
Selain menggunakan SSD Space, Nusantarahost juga memiliki kualitas server yang handal dan layak Anda gunakan. Rp 15.000,- Visit Site Promo
7 idcloudhost 8.7 Bagus
  • SSD Space Unlimited
  • Bandwidth Unlimited
  • Gratis Domain
  • Cloud Server
Dengan menggabungkan fitur antara SSD Space dan Cloud Server cukup menarik untuk dicoba. Rp 15.000,- Visit Site Promo

Keterangan

* Daftar hosting terbaik diatas terupdate April 2018 ** Harga hosting yang tertera diatas berlaku untuk masa sewa 1 bulan
Tips Penting Buat Para Pemula

Kesalahan Dalam Pemilihan Web Hosting Akan Berpengaruh Pada Kualitas Situs Online Anda

Panduan Lengkap Belajar Web Hosting Dalam 15 Menit

Pendahuluan

Panduan ini sangatlah cocok digunakan untuk seseorang yang baru mengenal dunia online, khususnya seputar blog dan website. Tujuan dari adanya panduan ini untuk mempermudahkan Anda untuk memahami istilah-istilah penting yang sering muncul ketika berhadapan atau sedang membuat blog, pemahaman awal adalah kunci utama sebelum masuk atau belajar lebih dalam mengenai sebuah hosting, domain, nameserver, dan lain sebagainya yang terkait dengan sebuah blog maupun website.

Web Hosting

Di zaman yang serba modern ini, internet sudah menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Dalam dunia internet, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah website bukan? Karena memang website lah yang lebih sering diakses masyarakat melalui internet. Dalam pembuatan website, Anda akan mengenal istilah web hosting. Lantas, apa yang dimaksud dengan hosting? Dan apa saja fungsi dan kegunaannya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pengertian Web Hosting

Bagi Anda yang masih pemula di dunia website mungkin belum begitu mengenal apa yang dimaksud dengan web hosting. Hosting merupakan penyewaan tempat yang digunakan untuk menampung semua data-data yang dibutuhkan oleh website agar bisa diakses dengan mudah melalui internet. Nah, data yang dimaksudkan disini adalah gambar, aplikasi, database, email, dan lain sebagainya. Hosting bisa dianalogikan sebagai sebuah ruangan di dalam mall. Dimana Anda yang ingin membuka usaha akan menyewa ruangan dalam mall.

Sementara pihak manajemen mall akan menyewakan ruangan beserta dengan telepon, listrik, kamar mandi, tempat penyimpanan barang dan lain sebagainya. Hosting juga dikenal sebagai layanan berbasis internet yang dimanfaatkan sebagai tempat menjalankan aplikasi atau penyimpanan data yang terpusat (server) serta bisa diakses menggunakan jaringan internet. Hosting bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, baik untuk web (aplikasi website), File Transfer, VPN, email dan lain sebagainya. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan layanan hosting, dari yang gratis sampai dengan berbayar. Tinggal keputusan Anda untuk memilih yang mana.

2. Fungsi Web Hosting

Jika dilihat secara umum, hosting memiliki fungsi utama yaitu menampung file atau data-data website. File yang dimaksud bisa berupa gambar, teks, aplikasi, video dan lain sebagainya yang Anda atau pemilih website upload ke dalam website. Semua data tersebut tidak akan bisa dikunjungi atau diakses oleh orang lain (pengguna internet) jika Anda tidak menggunakan web hosting. Pasalnya, file tersebut bisa diakses hanya jika mempunyai media storage yakni web hosting. Walaupun demikian, fungsi hosting sendiri sebenarnya sangat luas bahkan tidak terbatas hanya sebuah tempat penyimpanan.

Salah satu fungsinya adalah untuk membuat performa website semakin bagus dan terlihat kredibel melalui server yang dipakai. Server yang memiliki stabilitas jelek akibat hardwarenya yang kurang mumpuni dan tidak sesuai standar, akan memberikan dampak yang buruk pada website yang dibuat. Dimana website dengan hosting buruk akan mengalami berbagai masalah seperti sering tidak dapat diakses, loading lambat dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada banyak fungsi hosting lain seperti menyimpan email, menyimpan gambar, memuat informasi dalam internet, mengadakan survei dan masih banyak yang lainnya.

Hosting juga berfungsi untuk menjaga situs atau website tetap online. Seperti yang diketahui bahwa fungsi ini sangatlah penting bagi Anda yang hendak membuat website. Menggunakan hosting, maka website Anda akan tetap online selama 24 jam non stop selama penyedia layanan web hosting yang Anda pilih terjaga dengan baik. Menggunakan web hosting, maka website Anda bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun dengan mudah tanpa Anda harus khawatir jika tiba-tiba website mati. Pada beberapa kasus ada hosting yang sedikit bermasalah sehingga menyebabkan website mati. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar menggunakan layanan hosting yang berkualitas terbaik jika ingin membuat website yang profesional. Terutama jika situs atau website tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis atau profesi yang penting.

3. Cara Kerja Web Hosting

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan hosting dan jenis-jenisnya, mungkin Anda sedikit penasaran tentang cara kerja hosting bukan? Hosting bisa dianggap sebagai harddisk besar yang bisa menyimpan banyak data dan bisa dihubungkan dengan jaringan internet. Jadi bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Sementara domain adalah nama URL dari situs atau website yang akan dikelola. Nah, dalam domain terdapat nama server atau NS yang merupakan kode (alamat) dalam menghubungkan suatu domain pada hosting tertentu.

Saat membeli hosting, biasanya Anda akan mendapatkan nama server dari penyedia hosting. Sesudah Anda mengetahui nama server yang akan digunakan, barulah Anda dapat mengaturnya pada domain website. Caranya adalah dengan masuk pada layanan domain. Lalu pilih opsion danchange NS. Selanjurnya, Anda ganti namanya dengan nama yang sudah diberikan oleh penyedia layanan hosting. Apabila Anda membeli domain dan hosting pada tempat atau penyedia layanan yang sama, biasanya Anda tidak perlu lagi mengubah nama server. Sebab nama server yang terhubung dengan domain telah di set sejak awal.

Tata cara pembuatan website dengan menggunakan layanan hosting bisa Anda mulai dengan mendaftarkan domain website, memilih paket hosting, mengecek ketersediaan domain, verifikasi, pembayaran, pengiriman account (user dan password).

4. Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Saat ini ada banyak jasa yang menyediakan layanan hosting. Saking banyaknya, mungkin Anda akan sedikit kebingungan dalam memilih mana yang terbaik. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas bagaimana caranya memilih hosting yang baik sesuai dengan kebutuhan Anda.

a. Spesifikasi Hosting

Tips pertama, carilah referensi sebanyak mungkin tentang hosting yang dibutuhkan. Referensi ini sangat penting agar Anda tidak salah dalam memilih hosting terbaik. Referensi bisa Anda dapatkan melalui internet, forum diskusi atau teman terdekat tentang hosting yang paling baik untuk website yang sedang Anda kelola.

b. Memperhatikan Fitur dan Kualitas Hosting

Tips selanjutnya, selalu perhatikan fitur dan juga kualitas hosting. Ada beberapa fasilitas hosting yang benar-benar harus Anda nilai dengan baik. Mulai dari server reliability, Uptime score, Bandwith, dan lain sebagainya.

c. Dukungan Support atau Layanan Pelanggan

Masalah yang seringkali muncul dan membuat pengguna website kesal adalah website yang secara tiba-tiba tidak dapat diakses. Hal ini tentunya umum terjadi. Tapi sayangnya, masih sedikit penyedia hosting yang tanggap dalam mengatasinya. Oleh sebab itu, pastikan jika pihak penyedia hosting yang Anda pilih memiliki layanan dukungan teknis 24 jam yang mumpuni. Sehingga Anda bisa meminta bantuan apabila tiba-tiba website Anda mengalami error atau down.

d. Harga Vs Kualitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal penting yang selalu diperhatikan dalam menyewa hosting adalah harga. Harga memang menentukan kualitas. Tapi tidak semua hosting dengan harga yang murah artinya tidak berkualitas. Karena semua tergantung dari spesifikasi hardware dan kualitas penyedia hosting yang Anda pilih. Tips terbaik yang harus Anda lakukan adalah bandingkan harga dan pelayanan antara satu provider hosting dengan provider hosting lainnya. Jumlah clien yang sudah pernah ditangani provider hosting juga bisa menjadi penilaian Anda dalam memilih layanan hosting. Semakin banyak jumlah clien yang ditangani, maka semakin kredibel dan berkualitas pula layanan hosting yang diberikan.