VPS Terbaik Indonesia 2018

Inilah Daftar VPS Yang Memiliki Kualitas Terbaik, Handal, Dan Layak Anda Gunakan

Last Updated:

Kini Anda tidak perlu bingung lagi ketika sedang mencari VPS terbaik dan handal untuk blog atau website yang Anda miliki. Temukan daftar VPS terbaik dibawah ini dengan menggunakan data perbandingan dan penjelasan yang lengkap pada masing-masing penyedia layanan VPS hosting di Indonesia.

Table Perbandingan

Rekomendasi VPS Terbaik Indonesia 2018
Pos. Layanan Hosting Rating Fitur Hosting Keterangan Harga
1 niagahoster 9.9 Sangat Direkomendasikan
  • SSD Space 20GB
  • Bandwidth 1000GB
  • CPU 2.4GHz
  • Memory RAM 1024MB
Murah tapi powerful dan juga sangat direkomendasikan untuk situs Anda yang hendak menggunakan VPS. Rp 140.000,- Visit Site Promo
2 ardetamedia 9.8 Sangat Direkomendasikan
  • Hardisk Raid-50 20GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
VPS dengan kualitas terbaik dan lebih powerful namun diimbangi dengan harga yang cukup menarik. Rp 400.000,- Visit Site Promo
3 jogjahost 9.4 Sangat Bagus
  • SSD Space 40GB
  • Bandwidth 3000GB
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
Powerful, handal, dan memiliki disk space dan bandwidth yang besar, coba VPS yang satu ini. Rp 750.000,- Visit Site Promo
4 nusantarahost 9.3 Sangat Bagus
  • SSD Space 40GB
  • Bandwidth Unlimited
  • Core CPU 2 x 2.0GHz
  • Memory 2048MB
4 hal yang menarik dari VPS ini yaitu SSD space, full root akses, control mudah, dan powerful. Rp 900.000,- Visit Site Promo

Keterangan

* Daftar VPS hosting terbaik diatas terupdate Februari 2018 ** Harga VPS hosting yang tertera diatas berlaku untuk masa sewa 1 bulan
Tips Penting Buat Para Pemula

Gunakanlah VPS Hosting Ketika Situs Online Anda Sudah Masuk Skala Menengah ke Besar

Mari Kita Mengenal Lebih Jauh Mengenai VPS (Virtual Private Server)

Pendahuluan

Dalam dunia hosting, tentunya seringkali Anda akan mendengar istilah VPS atau Virtual Private Server, Shared Hosting, dan Dedicated Server. Namun untuk artikel kali ini, hanya akan diulas tentang VPS. VPS menjadi solusi terbaik untuk Anda yang membutuhkan web hosting berkualitas dengan harga yang miring. Pasalnya, VPS adalah web hosting yang lebih bagus daripada shared hosting tapi lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated server. Shared Hosting memberikan layanan resource yang terbatas karena server digunakan oleh beberapa web. Berbeda dengan VPS yang memungkinkan Anda untuk menggunakan satu buah server meskipun virtual. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah ulasan lengkap mengenai VPS.

1. Pengertian VPS

Bagi sebagian orang yang jarang berhubungan dengan dunia website mungkin masing merasa asing dengan istilah VPS. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS merupakan sebuah dalam bentuk fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa server virtual. Masing-masing virtual server tersebut bisa diinstall Sistem Operasi sendiri. Pada dasarnya, VPS menyerupai shared hosting, hanya saja resource yang ditawarkan lebih besar serta menggunakan sistem virtualisasi pada setiap server. Menggunakan virtualisasi tersebut, maka penggunanya dapat menginstall software dan OS tambahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini tentunya tidak akan bisa Anda lakukan pada shared hosting.

Menariknya lagi, sekarang ini sudah cukup banyak VPS yang tersedia dengan spesifikasi yang lengkap mulai dari RAM, diskspace, CPU, dan lain sebagainya yang bisa Anda custom sesuai dengan kebutuhan situs web. Meskipun tidak seleluasa dan semurni dedicated server, setidaknya Anda bisa merasakan menggunakan server yang dapat berdiri sendiri. Setiap VPS mempunyai port number, alamat IP, routing rules, filtering, files dan full root access sendiri. Intinya, VPS adalah server (fisik) yang dibagi-bagi menjadi beberapa Virtual Machine (VM). Dimana masing-masing VM ini merupakan Virtual Server yang bisa dipasangkan Sistem Operasi.

2. Fungsi VPS

VPS merupakan server side yang dapat membantu para web master untuk memiliki sebuah mesin berkapasitas besar lalu dibagi pada beberapa VM (Virtual Machine). Setiap VM dapat memberikan layanan seperti dedicated server. Setelah memahami apa yang dimaksud dengan VPS, lantas apa sebenarnya fungsi dari Virtual Private Server ini? Berikut ini adalah beberapa fungsi diantaranya.

a. Backup server

Fungsi VPS yang pertama adalah untuk kebutuhan backup server. VPS berfungsi untuk menjamin layanan website agar bisa berjalan dengan normal dengan cara melakukan backup server mulai dari surel, basis data, dan situs web. VPS memungkinkan semua aktivitas back up ini dilakukan secara terpisah sehingga kemungkinan kehilangan atau kerusakan data bisa diminimilisir.

b. Sebagai web hosting terjangkau dan berkualitas

Tentu saja, VPS berperan sebagai Web Hosting yang sangat tepat untuk Anda yang mencari server murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan dedicated server. VPS dapat digunakan untuk website yang memerlukan kofigurasi spesifik yang hanya dapat dilakukan oleh penggunanya. Web hosting ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas tapi tetap menawarkan layanan yang maksimal.

c. Server remote desktop

Fungsi VPS selanjutnya adalah sebagai sebuah server remote dekstop. Menggunakan server ini, Anda bisa mengupload dan mengunduh file menggunakan sistem remote. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjalankan aplikasi spinner, bot, atau forex.

d. Storage server (media penyimpanan)

VPS juga berperan sebagai storage server atau file server. Dimana Anda bisa menyimpan banyak data baik melalui http ataupun ftp.

e. Sebagai Application Hosting

VPS berfungsi sebagai Aplication hosting. Dimana Anda bisa membangun custom untuk mission critical software dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Outsource development aplikasi memang sudah terkenal di kalangan para web master yang ingin berinvestasi dengan lebih efisien.

Selain beberapa fungsi di atas, sebenarnya masih ada banyak fungsi VPS lain mulai dari menjadi Educational Outpost, Development atau Test Environments, dan lainnya. Ketika Anda ingin membangun situs web untuk kepentingan komersial, maka menyewa VPS lebih disarankan. Sebab VPS dapat membantu Anda untuk mengelola satu hingga lebih dari satu situs web. Terutama untuk Anda para developer yang mempunyai banyak domain. Tentunya VPS yang bisa dikustomisasi dengan baik adalah pilihan terbaik.

3. Cara Kerja VPS

Cara kerja VPS pada dasarnya sangat sederhana. Jika shared hosting diibaratkan Anda menyewa satu kamar yang diisi dengan banyak orang, maka VPS dianalogikan Anda menyewa satu kamar untuk diri sendiri. Dimana Anda bebas melakukan apapun yang diinginkan. Berbeda dengan dedicated server yang membuat Anda seperti memiliki kamar tersebut secara keseluruhan tanpa harus memerhatikan kata-kata ibu kos. Dari analogi yang dijelaskan tadi, tentu sudah terlihat bukan bahwa VPS adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin hidup nyaman tanpa harus diganggu ataupun mengganggu penghuni kos lain (pengguna server lain) tapi dengan biaya yang standar alias tidak terlalu murah atau terlalu mahal.

Pada dasarnya, cara kerja VPS tidak begitu berbeda dengan VPS gratis. Hanya saja, web hosting ini jauh lebih bagus dan berkualitas. VPS memiliki sistem kerja layaknya sebuah server yang dipisah-pisah. VPS bisa melakukan konfigurasi file yang digunakan oleh aplikasi software ataupun sistem. VPS juga mempunyai user, processes, dan tentunya file. Tersedia pula full root access yang akan sangat membantu penggunanya untuk mengelola situs web. Setiap VPS mempunyai system libraries. Dan VPS juga memiliki tool add, delete. Melalui VPS, Anda bisa melakukan modify file apapun. Termasuk menginstall software aplikasi dan mengkonfigurasi root aplication.

4. Keunggulan dan Mengapa Harus Memilih VPS?

Seperti yang diketahui bahwa web hosting dibagi menjadi beberapa macam. Lalu, apa yang menjadi alasan VPS lebih menguntungkan untuk digunakan? Dan apa pula keunggulan dari VPS ini? Di bawah ini adalah keunggulan dari VPS yang dijadikan sebagai alasan para web developer menggunakannya.

a. Access root

Keunggulan VPS yang pertama adalah Anda diberikan keleluasaan untuk melakukan access root pada system. Secara otomatis, Anda juga bisa menginstall aplikasi, memodifikasi software sistem dan file server konfigurasi dengan mudah.

b. Menyerupai dedicated hosting

Tidak dipungkiri bahwa keterbatasan Shared Hosting lah yang membuat para web developer lebih tertarik menggunakan dedicated server. Sayangnya, harga dedicated server tergolong cukup mahal. Sehingga VPS bisa dijadikan sebagai andalan. Sebab web hosting ini menawarkan kinerja yang serupa dengan Dedicated Server tapi harganya lebih terjangkau.

c. File system lebih terjaga

Berbeda dengan shared hosting yang digunakan oleh lebih dari satu website sehingga kemungkinan file rusak sangat besar, menggunakan VPS, file system akan lebih terjaga. Sebab file system tersebut tidak akan bisa dibuka ataupun diakses oleh pengguna VPS lainnya. Sebuah VPS memberikan keamanan yang penuh kepada semua data yang tersimpan.

d. Lebih hemat finansial

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwa VPS ditawarkan dengan harga yang lebih murah daripada dedicated server. Jadi Anda bisa menghemat anggaran pengelolaan website. Menggunakan VPS, Anda tidak perlu lagi membeli proxy, layanan torrent leech ataupun ssh. Jadi sebenarnya, web hosting ini jauh lebih terjangkau di kantong.

e. Dapat menginstall aplikasi dengan leluasa

Keuntungan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan VPS adalah Anda dapat menginstall sekaligus menggunakan semua aplikasi dengan leluasa. Anda bisa membuat proxy, tunneling ssh, torrent leech bahkan mail server sendiri. Sangat menarik bukan? Tak hanya itu, VPS juga memungkinkan Anda untuk memilah milih aplikasi mana saja yang ingin dibuang atau digunakan. Dengan begitu, kinerja web hosting Anda juga akan semakin maksimal.

f. Mendukung user belajar linux

Seperti yang diketahui bahwa sistem operasi Linux sangatlah disukai oleh para web developer karena tidak membutuhkan lisensi dan harganya yang cukup terjangkau. Menggunakan VPS, pengguna dapat belajar Linux dengan mudah. Sebab Anda akan diarahkan untuk lebih sering mengirim perintah menggunakan terminal console. Sedikit demi sedikit, tentunya Anda akan belajar terkait bagaimana caranya menggunakan sistem operasi Linux.

g. Bebas memilih sistem operasi (OS)

Inilah keuntungan VPS yang membuat banyak orang menyukainya. Dimana Anda bisa dengan bebas memilih sistem operasi apa yang dibutuhkan. Anda bisa menggonta-ganti sistem operasi sesuai dengan keinginan. Berbeda dengan shared hosting yang pemakaiannya sangatlah dibatasi.

Wah, ada cukup banyak keuntungan menggunakan VPS bukan? Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak developer web yang tertarik untuk menggunakannya.

5. Bagaimana Cara Memilih VPS Terbaik

Saat ini, ada banyak jasa yang menyediakan layanan VPS kepada para pemilik situs web. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih VPS terbaik. Karena tidak semua VPS menawarkan kinerja dan performa yang optimal. Untuk memudahkan Anda, berikut ini akan diulas mengenai bagaimana cara memilih VPS yang paling baik.

a. Harga

Sebelum memilih, Anda dianjurkan untuk mencari informasi terkait dengan harga paket hosting terlebih dahulu. Lakukan perbandingan baik dari segi harga, kualitas dan layanan agar Anda bisa mendapatkan VPS terbaik.

b. Resource dan Teknologi yang dipakai

Tips kedua, pastikan jika layanan VPS pilihan Anda sudah didukung dengan teknologi terbaru. VPS setidaknya harus memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan monitoring seperti RAM, inode, disk space dan CPU.

c. Keamanan data

Perhatikan virtualisasi server yang akan Anda pilih dengan baik. Apakah VPS tersebut memiliki tingkat keamanan data yang paling baik atau tidak.

d. Kecepatan Server

Kecepatan server juga harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih VPS. Hal ini sangat penting agar situs web Anda bisa berjalan dengan cepat. Website yang lambat tentunya akan menghalangi Anda untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Karena website lambat sangat dijauhi oleh para pengguna internet.

e. VPS yang kompatibel

Pilihlah VPS yang kompatibel ketika menggunakan kernel atau module terbaru. Sebelum memesan, Anda bisa melakukan percobaan agar tidak kecewa nantinya.

f. Dukungan apa saja yang diberikan

Jangan ragu untuk bertanya pada penyedia layanan hosting terkait dengan dukungan apa saja yang akan diberikan ketika Anda menggunakan VPS yang disediakannya.

Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan VPS terbaik. Sekian ulasan tentang VPS kali ini, semoga informasi di atas bisa memberikan tambahan wawasan kepada Anda dalam dunia web hosting.