Apa Itu Web Hosting? Inilah Pengertian dan Penjelasan Mengenai Web Hosting

Panduan Web Hosting Lengkap dari A sampai Z

Last Updated:
web hosting

Untuk membangun sebuah situs maka pertama-tama yang dibutuhkan adalah domain, hosting, dan platform. Jika diibaratkan web hosting di dunia online sama seperti toko atau kios, yang biasanya menawarkan jasa penyewaan dengan tarif bulanan, triwulanan, dan tahunan sesuai dengan kebutuhan penyewa.

Hosting bisa kita dapatkan melalui 2 cara, yaitu dengan menggunakan komputer atau server sendiri atau melalui sewa hosting atau server yang ditawarkan oleh pihak penyedia layanan hosting. Sehubungan dengan sulitnya dan mahalnya jikalau memakai hosting dengan menggunakan komputer atau server pribadi maka Saya sarankan untuk melakukan sewa hosting saja.

Jika diibaratkan web hosting sama seperti toko atau kios di sebuah mall. Manajemen mall adalah pihak yang menyewakan ruangan dan fasilitas lainnya. Setiap kios pengelolanya berbeda, dekorasinyapun berbeda dan cara kerjanya tergantung caranya sendiri.

Sama halnya dengan pihak penyedia layanan hosting yang memiliki kualitas yang berbeda, ada yang bagus dan ada juga yang tidak bagus. Tidak sedikit permasalahan sebuah situs mulai muncul diakibatkan sebuah hosting yang tidak stabil, mulai dari susah atau terlalu lama dilakukan akses, sering mengalami trouble, atau bahkan sebuah situs sama sekali tidak bisa diakses (blank).

Artinya, pemilik situs harus berpikir dewasa yang mana dalam menentukan pihak penyedia layanan hosting haruslah yang memiliki kualitas yang bagus, biaya sewa hosting yang kompetitif, dan juga layanan support yang diberikan haruslah memadai.

Fungsi Hosting

fungsi hosting

Fungsi web hosting memberikan manfaat dan banyak peranan pada era digital sekarang ini. Dengan menggunakan web hosting, sebuah situs dapat online dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Yang harus dipikirkan adalah kualitas dan fitur dari web hosting, berapa kapasitas penyimpanan data yang disediakan oleh hosting bersangkutan, dan juga seberapa baik layanan support yang dapat membantu kita ketika memiliki sebuah masalah pada situs kita.

Selain itu ada satu hal lagi yang perlu diketahui bahwasanya penyedia layanan hosting umumnya memberikan layanan hosting dengan bandwidth unlimited, sebenarnya ini bukan benar-benar unlimited namun hanya sebatas kata-kata pemanis yang digunakan untuk promosi yang arti benarnya adalah besaran bandwidth akan tersedia hingga batasan atau limit bandwidth yang berada pada server tersebut.

Cara Kerja Hosting

Apabila Anda berniat untuk membeli hosting, ketahui juga bagaimana cara kerjanya. Saat Anda mengakses sebuah website, baik menggunakan IP Address atau nama domain pada browser Anda yang menggunakan network protokol HTTP. Setelah Anda ketik nama domain sebuah situs pada bar address browser lalu Anda menekan enter maka perintah dari browser akan diteruskan internet ke jaringan server hosting untuk dieksekusi sesuai dengan permintaan. Hasilnya akan muncul tampilan berupa tulisan, gambar, audio atau video dari website yang Anda akses pada browser yang digunakan.

Dengan demikian Anda bisa melihat tampilan secara visual melalui browser Anda, sama halnya dengan halaman yang Anda baca sekarang ini yang mana semua data yang Anda lihat secara visual pada browser Anda adalah data yang telah dimuat dan ditampilan melalui hosting Saya.

Jenis-jenis Hosting

Terdapat 4 jenis layanan hosting yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan situs online Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis layanan hosting yang perlu Anda ketahui:

Hubungan Hosting dengan SEO

Sebelum membahas mengenai hubungan antara hosting dengan SEO alangkah baiknya jikalau Kita mengenal terlebih dahulu apakah itu SEO? SEO atau singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu kinerja untuk melakukan optimasi sebuah halaman blog atau website dengan tujuan mencapai peringkat teratas dalam mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau BING.

Lantas, apa hubungannya hosting dengan SEO? Perlu diketahui bahwa dasarnya sebuah Search Engine memiliki BOT yang dinamakan Crawl yang bertujuan untuk menelusuri bagian-bagian sebuah blog atau website yang nantinya akan muncul pada mesin pencari. Pada penelusuran ini akan melibatkan hosting sebagai wadah dari bagian-bagian blog atau website Anda.

Mari kita simak gambar dibawah ini:

crawl errors

Gambar disamping merupakan bagian dari Webmaster Tools pada sebuah mesin pencari Google, kita dapat melihat terdapat 2 hal yang menunjukkan notif berwarna kuning yang artinya adalah sebuah Warning yaitu pada bagian DNS dan Server Connectivity, lebih jelasnya:

Pada kedua hal tersebut tentu sudah jelas bahwasanya ada hubungan antara hosting dengan SEO dan yang pasti adalah dengan pemilihan hosting yang tidak bagus maka akan memberikan dampak yang negatif bagi pemilik situs.

Tips Memilih Layanan Hosting

Banyak pengguna yang bingung saat memilih layanan hosting, biasanya karena kurang paham spesifikasi, fitur, dan kualitas web hosting karena ketiga hal tersebut bakal mempengaruhi performa website. Secara sederhana ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hosting yang terbaik, inilah penjelasannya:

Perbedaan Hosting Gratis dan Hosting Berbayar

Ada beberapa orang yang lebih memilih hosting gratis dibandingkan dengan hosting berbayar, namun apakah sudah cukup jelaskah mengenai perbedaan kedua hosting tersebut? Jika belum, maka simak juga perbedaan antara hosting gratis dan hosting berbayar untuk mengetahui hosting manakah yang terbaik dan cocok digunakan.